Yussafitri, Rika (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183121039 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4183121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM 4183121039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM 4183121039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 4183121039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 4183121039 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM 4183121039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM 4183121039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM 4183121039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM 4183121039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM 4183121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi alat-alat optik SMA yang valid, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 SMA Swasta PAB 8 Saentis sebanyak 15 siswa pada kelompok kecil, dan Siswa kelas XI IPA-1 SMA Swasta PAB 8 Saentis sebanyak 32 siswa pada kelompok besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli strategi pembelajaran, dan ahli media, angket respon siswa, instrumen tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkannya E-LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid ditinjau dari validasi ahli materi dengan presentase 94,37% dan ahli strategi pembelajaran dengan presentase 89,37%, serta validasi ahli media dengan presentase 94,37% yang termasuk kategori sangat valid. Respon siswa pada kelompok kecil sebesar 61,2% dengan kategori praktis dan pada kelompok besar sebesar 89,27% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil penilain tes hasil belajar pada kelompok kecil memperoleh kenaikan skor N-gain sebesar 0,4 dengan kategori sedang dan pada kelompok besar memperoleh skor N-gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang, maka E-LKPD dikatakan efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembanagan, E-LKPD, Pendekatan Saintifik, Alat-alat Optik. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54160 |