PEMBUATAN E-MODUL FISIKA, MATERI OTIKA GEOMETRI BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMA/MA

Arafah, Reivira (2022) PEMBUATAN E-MODUL FISIKA, MATERI OTIKA GEOMETRI BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181121020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181121020 COVER.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181121020 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181121020 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181121020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181121020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181121020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181121020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181121020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181121020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181121020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183151027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183151027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183151027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui tingkat validasi, kepraktisan dan keefektifan E-modul fisika berbasis masalah pada materi Optika Geometri. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian uji validitas terhadap E-modul berdasarkan validator ahli materi dan evaluasi pembelajaran dengan aspek penilaian isi, penyajian, kebahasaan dan aspek pembelajaran berbasis masalah, diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,3% dan 85,8%. Validasi ini dilakukan juga terhadap guru fisika di sekolah dengan aspek penilaian kelayakan isi, kelayakan kebahasaan dan kelayakan penyajian diperoleh nilai rata-ratanya 87,0%. Pada uji kepraktisan terhadap E-modul untuk uji coba siswa kelompok kecil yang melibatkan 10 responden dengan nilai rata-ratanya 85,6% dan uji coba siswa kelompok besar yang melibatkan 30 responden dengan nilai rata-ratanya 87,1%, dengan empat aspek penilaian yaitu, kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian. Sedangkan uji coba keefektifan berdasarkan hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada kelompok besar sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 10 soal pilihan berganda diperoleh skor jawaban yang didapatkan siswa mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata N-gain yaitu 0,71 katagori tinggi. Berdasarkan analisis data tersebut dan nilai rata-rata yang diperoleh E-modul yang dibuat dikatagorikan layak dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 021
Keywords: Optika geometri; Modul elektronik; Pembelajaran berbasis masalah; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:21
Last Modified: 01 Feb 2024 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54098

Actions (login required)

View Item
View Item