Arafah, Reivira (2022) PEMBUATAN E-MODUL FISIKA, MATERI OTIKA GEOMETRI BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181121020 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM 4181121020 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM 4181121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 4181121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 4181121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
9. NIM 4181121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
13. NIM 4183151027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 4183151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui tingkat validasi, kepraktisan dan keefektifan E-modul fisika berbasis masalah pada materi Optika Geometri. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian uji validitas terhadap E-modul berdasarkan validator ahli materi dan evaluasi pembelajaran dengan aspek penilaian isi, penyajian, kebahasaan dan aspek pembelajaran berbasis masalah, diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,3% dan 85,8%. Validasi ini dilakukan juga terhadap guru fisika di sekolah dengan aspek penilaian kelayakan isi, kelayakan kebahasaan dan kelayakan penyajian diperoleh nilai rata-ratanya 87,0%. Pada uji kepraktisan terhadap E-modul untuk uji coba siswa kelompok kecil yang melibatkan 10 responden dengan nilai rata-ratanya 85,6% dan uji coba siswa kelompok besar yang melibatkan 30 responden dengan nilai rata-ratanya 87,1%, dengan empat aspek penilaian yaitu, kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian. Sedangkan uji coba keefektifan berdasarkan hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada kelompok besar sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 10 soal pilihan berganda diperoleh skor jawaban yang didapatkan siswa mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata N-gain yaitu 0,71 katagori tinggi. Berdasarkan analisis data tersebut dan nilai rata-rata yang diperoleh E-modul yang dibuat dikatagorikan layak dan praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 021 |
Keywords: | Optika geometri; Modul elektronik; Pembelajaran berbasis masalah; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 04:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54098 |