PENGARUH SELF-EFFICACY GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2021/2022

Erwandi, Jhosua Theo (2023) PENGARUH SELF-EFFICACY GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173141017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7173141017 COVER.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7173141017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7173141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM 7173141017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7173141017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7173141017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7173141017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7173141017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7173141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM 7173141017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7173141017 TABLES.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7173141017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7173141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7173141017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7173141017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7173141017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7173141017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 7173141017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 7173141017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7173141017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7173141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran2021/2022
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 94siswa.Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan ujireliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis datamenggunakan analisis jalur, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama,Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kreativiras guru ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (-0,581) < ttabel (1,661) dengan nilai signifikasi 0,563 > 0,05. Kedua, Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (-0,939) < ttabel (1,661) dengan nilai signifikasi 0,350 > 0,05. Ketiga Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (4,793) > ttabel (1,663) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Keempat, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung (7,103) > ttabel (1,662) dan nilai sig 0,00 < 0,05. Kelima, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung(5,140) > ttabel (1,662) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Keenam, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung (5,604) > ttabel (1,662) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Ketujuh, Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji F Fhitung (47,259) > Ftabel (3,10) dan nilai sig sebesar 0,00 < 0,05. Kedelapan, Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy guru, kreativitas
guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonom siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji F Fhitung (12,244) >
Ftabel (3,10) dengan nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan analisis diperoleh perhitungan koefisien determinasi dalam riset ini pada sub-struktural 1
yaitu 0,212. Hal ini menjelaskan bahwa sumbangan variabel self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap variabel motivasi belajar ekonomi yakni 21,2% dan 78,8% sisanya adalah pengaruh faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar yang tidak dibahas dalam penelitian ini dan perhitungan koefisien determinasi dalam riset ini
pada sub-struktural 2 yaitu 0,612. Hal ini menjelaskan bahwa sumbangan variabel self-efficacy guru, kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap variabel prestasi belajar ekonomi yakni 61,2% dan 38,8% sisanya adalah pengaruh faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Self-efficacy, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:05
Last Modified: 30 Jan 2024 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54070

Actions (login required)

View Item
View Item