Erwandi, Jhosua Theo (2023) PENGARUH SELF-EFFICACY GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173141017 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM 7173141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM 7173141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
4. NIM 7173141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
5. NIM 7173141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
6. NIM 7173141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7. NIM 7173141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 7173141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 7173141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
13 NIM 7173141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
14. NIM 7173141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran2021/2022
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 94siswa.Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan ujireliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis datamenggunakan analisis jalur, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama,Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kreativiras guru ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (-0,581) < ttabel (1,661) dengan nilai signifikasi 0,563 > 0,05. Kedua, Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (-0,939) < ttabel (1,661) dengan nilai signifikasi 0,350 > 0,05. Ketiga Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu berdasarkan uji t thitung (4,793) > ttabel (1,663) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Keempat, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung (7,103) > ttabel (1,662) dan nilai sig 0,00 < 0,05. Kelima, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung(5,140) > ttabel (1,662) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Keenam, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji t thitung (5,604) > ttabel (1,662) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Ketujuh, Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji F Fhitung (47,259) > Ftabel (3,10) dan nilai sig sebesar 0,00 < 0,05. Kedelapan, Terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy guru, kreativitas
guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonom siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022, yaitu berdasarkan uji F Fhitung (12,244) >
Ftabel (3,10) dengan nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan analisis diperoleh perhitungan koefisien determinasi dalam riset ini pada sub-struktural 1
yaitu 0,212. Hal ini menjelaskan bahwa sumbangan variabel self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap variabel motivasi belajar ekonomi yakni 21,2% dan 78,8% sisanya adalah pengaruh faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar yang tidak dibahas dalam penelitian ini dan perhitungan koefisien determinasi dalam riset ini
pada sub-struktural 2 yaitu 0,612. Hal ini menjelaskan bahwa sumbangan variabel self-efficacy guru, kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap variabel prestasi belajar ekonomi yakni 61,2% dan 38,8% sisanya adalah pengaruh faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self-efficacy, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54070 |