SEMBIRING, FEBY ALVIONITA BR (2023) PENGARUH INTERNET ADDICTION DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DELITUA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7193143012 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7193143012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3. NIM. 7193143012 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 7193143012 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM. 7193143012 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 7193143012 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 7193143012 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 7193143012 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 7193143012 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
13. NIM. 7193143012 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7193143012 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua yang masih cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Internet Addiction (X1) dan Interaksi Edukatif (X2) terhadap Motivasi Belajar (Y) Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Delitua pada siswa kelas XI IPS, yang beralamat di Jalan Pendidikan No. 1 Delitua. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 171 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proposional Random Sampling.
Dari hasil uji hipotesis secara parsial (Uji t) menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan variabel internet addiction terhadap motivasi belajar dengan nilai thitung > ttabel sebesar (-3,365 < 1,980) dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. Dan pada hasil uji t variabel interaksi edukatif terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar (5,159 > 1,980) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya pada uji hipotesis secara simultan (Uji F) nilai Fhitung > Ftabel sebesar (34,267 > 3,07) sehingga diperoleh hasil secara simultan variabel Internet Addiction (X1) dan Interaksi Edukatif (X2) berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y). Selanjutnya dari uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,369 yang artinya sebesar 36, 9% variabel Internet Addiction (X1) dan Interaksi Edukatif (X2) memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 63,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Maka dapat disimpulkan bahwa internet addiction dan interaksi edukatif bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Internet Addiction, Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54052 |