Naibaho, Lisa Sari and Putri, Rinna A. and Lumban Gaol, Tia (2023) TRANSFORMASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA RUANG LINGKUP SMP-SMA. In: Adaptasi dan Transformasi Pemebelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. CV FATIH DIGITAMA INDONESIA, Kota Binjai, Sumatera Utara, pp. 26-47. ISBN 978-623-88529-2-5; E-ISBN : 978-623-88529-3-2
Article.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kemajuan teknologi tentu mempengaruhi pendidikan di suatu wilayah. Kemajuan teknologi tersebut harus mampu disaingi oleh para akademisi. Hal yang tidak terlepas dari pendidikan adalah kuriulum yang menjadi penunjang dalam keberhasilan dan kemampuannya bersaing di kancah Internasional pendidikan. Oleh sebab itu, setiap negara wajib menyesuaikan setiap pedoman pembelajaran dengan kemajuan teknologi dan persaingan pendidikan.
Belakangan ini sudah tidak asing lagi mengenai kurikulum merdeka. Namun sebelum menuju kurikulum merdeka, ada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 yang menjadi pedoman pelaksanaan pembelajaran di Indonesia. Berbagai opini menggiring implementasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah sesuai dengan kemampuan dan kondisi siswa. Berbagai opini positif dan perbandingan akan kedua kurikulum tak luput dari pandangan masyarakat termasuk siswa
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | Kurikulum 2006, kurikulum 2013, pembelajaran bahasa dan sastra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 01:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 10:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53990 |