PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMKS MUHAMMDIYAH 04 MEDAN

Hanum, Isti Maunida (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMKS MUHAMMDIYAH 04 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7191142002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7191142002 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7191142002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7191142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7191142002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7191142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7191142002 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 7191142002 ABSTRACT.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 5. NIM 7191142002 CONTNTS.pdf] Text
5. NIM 7191142002 CONTNTS.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 6. NIM 7191142002 TABLES.pdf] Text
6. NIM 7191142002 TABLES.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 7. NIM 7191142002 PICTURES.pdf] Text
7. NIM 7191142002 PICTURES.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8. NIM 7191142002 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 7191142002 APPENDICES.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 9. NIM 7191142002 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 7191142002 CHAPTER I.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 10. NIM 7191142002 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 7191142002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[thumbnail of 11. NIM 7191142002 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 7191142002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[thumbnail of 12. NIM 7191142002 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 7191142002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 7191142002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 7191142002 CHAPTER V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 14. NIM 7191142002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 7191142002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 15. NIM 7191142002 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 7191142002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya pemahaman akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMKS Muhammadiyah 04 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMKS Muhammadiyah 04 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X jurusan akuntansi di SMKS Muhammadiyah 04 Medan yang berjumlah 112 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 112 siswa, dimana teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
kuesioner penelitian dan soal tes pemahaman akuntansi. Kuesioner penelitian dan soal tes pemahaman akuntansi terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas.
Kemudian data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 34,582 + 0,249X1 + 0,516X2 + 0,431X3. Berdasarkan model regresi linear tersebut diperoleh nilai koefisien kecerdasan emosional (b1), kecerdasan intelektual (b2) dan perilaku
belajar (b3) bernilai positif, dimana mengandung arti bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar yang baik maka pemahaman akuntansi siswa juga akan baik begitupun sebaliknya dengan syarat variabel yang lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pegujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan pemahaman akuntansi dengan
nilai t hitung > t tabel yaitu 2,580 > 1,982 dan nilai signifikannya 0,011 < 0,05. Kecerdasan intelektual juga berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi
dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,137 > 1,982 dan nilai signifikannya 0,002 < 0,05. Perilaku belajar juga berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi
dengan nilai nilai t hitung > t tabel yaitu 3,556 > 1,982 dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05. Selanjutnya kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan perilaku
belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan F hitung > F tabel yaitu 30,774 > 2,69 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 44,6%,
sedangkan 55,4% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:01
Last Modified: 06 Aug 2025 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53985

Actions (login required)

View Item
View Item