Simanjuntak, Desi Nurtama (2022) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS FOCODESIGN PADA SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183111033 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2183111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM 2183111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4. NIM 2183111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM 2183111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 2183111033 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 2183111033 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 2183111033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 2183111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
13. NIM 2183111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
14. NIM 2183111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan materi teks
eksposisi berbasis Focodesign pada siswa kelas X SMA , mengetahui bentuk materi
ajar berbasis Focodesign dan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan
menggunakan aplikasis Focodesign terhadap materi teks eksposisi pada siswa kelas X
SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall dengan tahapan
pengembangan yaitu tahapan pengumpulan data dan analisis masalah, desain produk,
pengembangan desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk pada
responden. Perhitungan kelayakan ditentukan menggunakan skala Likert terhadap
hasil validasi ahli materi dan ahli media. Proses pengembangan materi dilakukan
dengan menggabungkan beberapa kontribusi dalam mengembangkan teks eksposisi
yang telah ada menjadi materi teks eksposisi yang lebih baik dengan produk akhir
berupa video pembelajaran. Hasil kelayakan validasi ahli materi dan media serta
penilaian oleh guru bidang studi menunjukkan bahwa pengembangan materi teks
eksposisi berbasis FocoDesign pada siswa kelas X SMA berada pada kategori layak
dan tidak perlu di revisi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87% dengan kategori
“sangat baik”. Dengan demikian produk dapat dikatakan layak digunakan dalam
proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Materi Ajar, Teks Eksposisi, Aplikasi FocoDesign, Penelitian Research And Development (R&D) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:36 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53963 |