SINAGA, ZEPHIRKIA CICILIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183141048 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7183141048 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 7183141048 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 7183141048 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 7183141048 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 7183141048 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 7183141048 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM. 7183141048 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM 7183141048 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM. 7183141048 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 7183141048 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning
terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.P 2022/2023. Populasi pada penelitian ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 yang berjumlah 102 siswa sedangkan Sampel pada penelitian ialah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunakan Purposiv sampling. Penelitian ini menggunakan uji instrument test yaitu uji validitas, uji realibitas, uji
analisis taraf kesukaran, uji analisis daya pembeda, Dan selanjutnya menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil
belajar post test kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning 80,83 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 69,72 dimana didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dikelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Discovery Learning dan Hasil Belajar. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:18 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53911 |