Nurhasanah (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION) PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SISWA KELAS X-AP DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 1. NIM. 7161144030 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 7161144030 COVER.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 7161144030 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 7161144030 APPROVAL SHEET.pdf
Download (467kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 7161144030 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 7161144030 ABSTRACT.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 7161144030 PREPACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 7161144030 PREPACE.pdf
Download (570kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 7161144030 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 7161144030 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 7161144030 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 7161144030 TABLES.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 7161144030 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 7161144030 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 7161144030 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 7161144030 APPENDICES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 7161144030 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 7161144030 CHAPTER I.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 7161144030 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 7161144030 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 7161144030 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 7161144030 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 7161144030 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 7161144030 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM. 7161144030 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 7161144030 CHAPTER V.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 7161144030 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 7161144030 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 7161144030 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 7161144030 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sarana belajar era digital berupa E-modul yang perlu segera diwujudkan di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran Korespondensi untuk siswa kelas X-AP di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan ini dipilih karena menggunakan pendekatan sistem dengan langkah-langkah pengembangan yang teratur dan sistematis serta dapat digunakan untuk merancang pembelajaran individual. model tahapan pengembangan media yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket untuk ahli materi, media dan ahli bahasa.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa modul berbentuk e-book pada flipbook untuk kelas X Program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Produk yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE memiliki 5 tahapan (1) Analisis (2) Perencanaan (3) Pengembangan (4) Tahap penerapan (5) Evaluasi. Kelayakan modul pembelajaran Korespondensi berdasarkan rata-rata hasil validasi para ahli yaitu; (1) Hasil validasi oleh ahli media masuk ke dalam kategori “Baik” dengan persentase nilai 83,78%; (2) Hasil validasi oleh ahli materi masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata persentase nilai 84,12%; (3) Hasil validasi oleh ahli bahasa masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase nilai 86%. Maka modul pembelajaran layak digunakan oleh kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta PAB 12 Saentis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul, Model ADDIE, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:16 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53906 |