Rajagukguk, Marisa Yusnita (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183341030 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 7183341030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 7183341030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 7183341030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 7183341030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM. 7183341030 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7183341030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
11. NIM. 7183341030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
12. NIM. 7183341030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar.Jenis penelitian ini yaitu expost facto bermetode penelitian kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul dengan jumlah sampel 72 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas menggunakan rumus Aiken serta reliabilitas memakai rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis Individual (Uji-T), Pengujian Hipotesis Bersama-sama (Uji-F) dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil analisis data dengan analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan Y = 25,797 + 0,178 X1 + 0,406 X2. Hasil Uji-T membuktikan Motivasi belajar berpengaruh positif serta signifikant terhadap Prestasi belajar peserta didik dengan memperoleh skor t-hitung > t-tabel (2,356 > 1,995) dan skor signifikan < 0,05 (0,021 < 0,05). Lingkungan Belajar berpengaruh positif serta signifikant terhadap Prestasi belajar dengan memperoleh skor t-hitung > t-tabel (2,438 > 1,995) dan skor signifikan < 0,05 (0,017 < 0,05). Motivasi Belajar serta Lingkungan Belajar memiliki pengaruh positif serta signifikant terhadap Prestasi Belajar dengan memperoleh skor Fhitung > Ftabel (6,237 > 3,12) serta nilai signifikan 0,003 < 0,05. Selanjutnya koefisien determinasi didapatkan R square sebesar 0,759 atau 75,9% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif serta signifikant Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar, Pretsasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53903 |