SITORUS, NINA AULIA (2023) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7181141003 COVER.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
2. 7181141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. 7181141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
4. 7181141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
5. 7181141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
6. 7181141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
7. 7181141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
8. 7181141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
9. 7181141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
13. 7181141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
14. 7181141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat menjadi Guru secara bersama-sama terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2019. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan di Jalan Willem Iskandar Pasar V. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 103 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 82 dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan regresi Y = 1.577 + 0,310X1 + 0,335X2. (2) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu ( 6.039 > 1,690). (3) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05 dan > ttabel (2.606 > 1.660). (4) Secara simultan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat Menjadi Guru berpengaruh positif dan signigikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung> Ftabel (27.979 > 3,11). (5) Kontribusi Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 adalah sebesar 41%. Sedangkan sisanya sebesar 59 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Menjadi Guru, Kesiapan Menjadi Guru. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:33 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53897 |