Manurung, Andreas C (2016) KONDISI MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3112131003 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 3112131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
03. NIM 3112131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04. NIM 3112131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
05. NIM 3112131003 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
06. NIM 3112131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07. NIM 3112131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. NIM 3112131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. NIM 3112131003 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
10. NIM 3112131003CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
15. NIM 3112131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui bagaimana kondisi sarana dan prasarana di SMA Negeri 18 Medan,(2) bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Negeri 18 medan dan, (3) untuk mendeskripsikan kondisi manajemen sarana prasarana dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Medan tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 18 Medan yang terdiri dari dua kelas, Sampel ditetapkan 50% dari jumlah siswa dengan mengambil sebanyak 35 orang dari 2 kelas siswa yang berjumlah 69 orang. Untuk melengkapi data, peneliti juga mewawancarai Kepala Sekolah dan guru sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi sarana (perabot, media pendidikan, dan perlengkapan lain) dan prasarana (ruangan) di SMA Negeri 18 medan masih banyak perlengkapan yang harus dipenuhi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam ,menunjang proses pembelajaran dan demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab atas pengadaan sarana dan prasarana itu sendiri yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran disekolah. (2) Pelaksanaan Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 18 Medan menerapkan fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, demi untuk terlaksananya fungsi manajemen sarana dan prasarana di sekolah secara efektif danm efesien. (3) Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Negeri 18 Medan meliputi proses, perencanaan, pengadaan, inventaris, penggunaan dan pemeliharaan, pendistribusian, penghapusan. Adapun manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 18 Medan sudah berjalan dengan baik meskipun ada sedikit hambatan, terkhusus pada mata pelajaran geografi yang masih kurang sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 046 |
Keywords: | Manajemen; Ruang Perpustakaan; Prasarana |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2016 02:47 |
Last Modified: | 24 May 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5389 |