SURYANI, IRMA SILVIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181144004 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. NIM 7181144004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM 7181144004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. NIM 7181144004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. NIM 7181144004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. NIM 7181144004 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. NIM 7181144004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. NIM 7181144004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. NIM 7181144004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM 7181144004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. NIM 7181144004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP di SMK N 1 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda kepada kedua kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 orang, dengan sampel sebanyak 70 orang, yang terdiri dari kelas XI OTKP 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI OTKP 2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa, yaitu pretest dan post-test sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, kemudian dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I sebesar 58,08 dan nilai rata-rata post-test sebesar 81,57 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 44,56%. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II sebesar 61,28 dan nilai rata-rata post-test sebesar 77 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 25,64%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel (1,845>1,667) maka hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI SMK Negeri 1Medan T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw, Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar OTK Sarana dan Prasarana |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 08:23 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53882 |