PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA 2022/2023

SURYANI, IRMA SILVIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7181144004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7181144004 COVER.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7181144004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7181144004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7181144004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7181144004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7181144004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7181144004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7181144004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7181144004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7181144004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7181144004 TABLES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7181144004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7181144004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7181144004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7181144004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7181144004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7181144004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7181144004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7181144004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7181144004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7181144004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP di SMK N 1 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda kepada kedua kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 orang, dengan sampel sebanyak 70 orang, yang terdiri dari kelas XI OTKP 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI OTKP 2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa, yaitu pretest dan post-test sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, kemudian dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I sebesar 58,08 dan nilai rata-rata post-test sebesar 81,57 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 44,56%. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II sebesar 61,28 dan nilai rata-rata post-test sebesar 77 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 25,64%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel (1,845>1,667) maka hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI SMK Negeri 1Medan T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw, Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar OTK Sarana dan Prasarana
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:23
Last Modified: 25 Jan 2024 01:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53882

Actions (login required)

View Item
View Item