Hogan, Febri Triandari (2022) Penerapan Gerakan Literasi Sekolah pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183131040 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. NIM. 3183131040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 3183131040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 3183131040 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 3183131040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 3183131040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM. 3183131040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 3183131040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 3183131040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
10. NIM. 3183131040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
15. NIM. 3183131040 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
16. NIM. 3183131040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan gerakan literasi sekolah pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pematangsiantar; 2) mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan gerakan literasi sekolah pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pematangsiantar; dan 3) upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan budaya literasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pematangsiantar pada bulan Juli sampai dengan September 2022. Populasi pada penelitian ini adalah guru IPS berjumlah 3 responden dan siswa kelas VIII berjumlah 342 responden. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling siswa yang berjumlah 33 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data metode deskriptif kualitatif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa 1) tahap pembiasaan Gerakan Literasi Sekolah 2,72 (68,1%) kategori kurang baik. Tahap pengembangan Gerakan Literasi Sekolah 2,7 (69,4%) kategori kurang baik. Tahap pembelajaran Gerakan Literasi Sekolah 1,6 (40%) kategori kurang baik. Hal ini menunjukkan penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Pematangsiantar sebesar 63% dengan kategori kurang baik walaupun program Gerakan Literasi Sekolah sudah sampai tahap pembelajaran. 2) Faktor pendukung literasi yaitu adanya waktu khusus yang disediakan sekolah yaitu Rabu Literasi selama 15 menit sebelum memulai pelajaran dan adanya pojok baca kelas. Sedangkan faktor penghambat penerapan literasi yaitu penyediaan buku nonpelajaran yang masih sedikit, tidak jarang dapat mengurangi jam pelajaran pertama dan biasanya ada saja siswa yang malas membaca dengan alasan-alasan tertentu. 3) Upaya menumbuhkan budaya literasi siswa kelas VIII pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pematangsiantar adalah sekolah membuat jadwal kunjungan sekali seminggu ke perpustakaan untuk masing-masing kelas, dan mengadakan perlombaan yang berkaitan dengan kegiatan membaca siswa seperti: lomba cerdas cermat, membaca puisi, menulis cerpen, membaca dongeng dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-GEO-010 |
Keywords: | Literasi Sekolah; Proses Pembelajaran; Hasil Belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53772 |