Butarbutar, Rotuanita and Djulia, Ely (2020) PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis scientific approach, kegiatan belajar berdasarkan pembelajaran saintifik, aktivitas yang dominan dalam penerapan scientific approach, dan mengetahui tahapan belajar saintifik yang masih kurang dalam penerapan pembelajaran biologi di SMA. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei.Sampel yang diambil berjumlah 2 orang guru biologi dan 100 orang siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, lembar observasi, angket siswa, dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan lebih tinggi di bagian penilaian dan penutup yaitu 72,4. Sementara aktivitas tahapan belajar mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan adalah sebesar 65.3, 64.3, 63.4, 63.2, 65.9 dengan rata-rata terlaksana cukup. Tahapan belajar saintifik yang dominan yaitu mengomunikasikan, dan tahapan belajar saintifik yang masih kurang dalam penerapan dI pembelajaran yaitu mengasosiasi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Scientific approach; Pembelajaran biologi; Sistem reproduksi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:52 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53716 |