PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI 1 RANTAUPRAPAT

Gultom, Maharani and Chastanti, Ika (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI 1 RANTAUPRAPAT. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan karakter siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran inquiry dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (hasil belajar dan karakter siswa). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hipotesis dengan uji-t untuk mengetahui hasil belajar dan karakter siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh adalah hasil belajar dari tes yang berkonten biologi dan data karakter siswa dari angket. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh pendekatan inquiry terhadap hasil belajar dan karakter siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan karakter siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Rantauprapat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran inquiry; Hasil belajar; Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:18
Last Modified: 05 Jan 2024 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53691

Actions (login required)

View Item
View Item