Situmorang, Edith Jessica P. and Harahap, Fauziyah (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TOPIK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing pada topik jaringan tumbuhan untuk kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi hingga tahap pengembangan. Tingkat kelayakan dinilai oleh tiga ahli yakni ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media. Untuk uji coba kelayakan, diperolah dari penilaian guru biologi dan uji coba lapangan. Uji coba dilaksanakan tiga kali secara bertahap mulai dari uji coba individu, kelompok kecil dan kelompok besar. Data diperoleh dari analisis silabus, analisis tujuan pembelajaran, wawancara dan kuisioner. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi ahli materi dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 95,8%; validasi ahli pembelajaran dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 90,6%; validasi ahli desain dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 93,8%; dari guru biologi dalam ketegori “sangat layak” dengen persentase 98,2%; dan uji coba lapangan dalam kategori “bagus” dengan persentase 90,4%. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk kelas XI MIPA.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Lembar kerja peserta didik; Jaringan tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53681 |