Sitohang, Novita Sari (2023) Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran di TK Negeri Pembina Nainggolan Kabupaten Samosir. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113052 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 1183113052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1183113052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 1183113052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM 1183113052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM 1183113052 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 1183113052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM 1183113052 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 1183113052 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 1183113052 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 1183113052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru adalah keterampilan mengadakan variasi pembelajara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga September 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas di TK Negeri Pembina Nainggolan sebanyak 3 orang guru, pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan
jumlah guru lulusan S1 PGPAUD. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis data dari Milles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Variasi gaya mengajar guru sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari, guru sudah menerapkan semua aspek gaya mengajar dengan baik. 2). Variasi media dan alat pembelajaran guru sudah menerapkan dengan baik, hal ini bisa dilihat dari guru menggunakan media audio, media visual, dan media audio visual dengan baik. 3). Pola komunikasi dan
kegiatan peserta didik, variasi pola komunikasi guru belum maksimal, guru hanya menggunakan pola komunikasi satu arah dan dua arah. Variasi kegiatan peserta didik sudah baik, hal ini terlihat dari guru memberikan kegiatan kepada anak
seperti menempel, mewarnai, menulis, menarik garis, menggunting, dan melipat. Guru dan anak juga melakukan kegiatan secara langsung bersama-sama seperti membuat nasi goreng, membuat jus, dan menanam bunga bersama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterampilan guru; variasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:40 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53675 |