Hartono, Adi and Jayanti, Ummi Nur Afinni Dwi and Tanjung, Indayana Febriani (2020) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS TRANSFERABLE SKILL DAN KECERDASAN JAMAK UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI YANG UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Menurut hasil Research Global Innovation Index 2017 (WIPO), Indonesia menghadapi tiga tantangan di era Revolusi Industri 4.0, yaitu daya saing, IPTEK, dan inovasi. Untuk menghadapi tantangan ini, sistem pendidikan di Indonesia harus berpedoman pada Transferable Skill, yaitu keahlian-keahlian yang dapat digunakan dalam semua profesi. Transferable Skill mencakup keahlian dalam CriticalThinking, Communication, dan Technology. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi yang unggul dan siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan sistem pendidikan yang berimplikasi terhadap tujuan institusional dan instruksional yang mencakup proses pembelajaran untuk menciptakan masa depan sebagai sumber kreatifitas, berkreasi bersama (co-creating), dan penguasaan IPTEK. Selain itu, menurut penelitian dari Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) tahun 2017 menyatakan bahwa salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia ialah adanya ketidak sesuaian antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Sementara di saat yang sama, dunia usaha mengalami kesulitan untuk merekrut tenaga kerja yang terampil yang sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan. Salah satu faktor penyebab permasalahan ini ialah pendidikan yang diterapkan guru hanya berorientasi pada kecerdasan verbal linguistik dan logis matematis. Sementara, setiap manusia memiliki delapan kecerdasan yang harus dikembangkan dan diasah agar menjadi potensi sesuai dengan karakteristik masing-masing. Kecerdasan tersebut ialah kecerdasan linguistik, logika, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Pemberdayaan delapan kecerdasan ini dapat diimplementasikan dalam sistem pembelajaran berbasis kecerdasan jamak, dimana pembelajaran yang diterapkan dapat menstimulasi berbagai kecerdasan yang dimiliki anak sehingga, seluruh kemampuan dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode study literatur dengan menalaah berbagai sumber ilmiah yang relevan terhadap topik yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan secara konseptual penerapan transferable skill dan kecerdasan jamak ke dalam sistem pendidikan. Berdasarkan kegiatan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa pendidikan berbasis Transferable skill dan kecerdasan jamak dapat meningkatkan elektabilitas siswa sebagai generasi yang unggul di era Revolusi Industri 4.0
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Transferable skill; Multiple intelligence; Revolusi industri 4.0 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:56 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53673 |