Sriyati, Siti (2020) PEMANFAATAN POTENSI DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK RINTISAN DAN PENGEMBANGAN ETNOPEDAGOGI DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN ABAD 21. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Etnopedagogi merupakan praktek pendidikan berbasis kearifan lokal. Kerangka berpikir etnopedagogi adalah bahwa pendidikan merupakan proses sosio kultur serta pendidikan dan kebudayaan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Etnopedagogi sebagai praktek pendidikan dapat diwujudkan dalam teaching as cultural activity dan the culture of teaching, seperti Kizuna di Jepang dan silih asah, silih asuh, silih asih di suku sunda. Pembelajaran etnopedagogi dapat dilaksanakan dengan menggali potensi dan kearifan lokal masing-masing daerah dan mengaitkannya dengan KI dan KD dari Kurikulum 2013. Potensi dan kearifan lokal dapat menjadi sumber belajar yang diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas. Sumber belajar tersebut dapat berupa bahan ajar, perangkat pembelajaran, narasumber atau tokoh masyarakat dan lingkungan. Penelitian-penelitian yang dikembangkan mengintegrasikan potensi/ kearifan lokal dengan kemampuan dan keterampilan abad 21 sehingga prinsip konteks lokal berpikir global dapat dicapai.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Etnopedagogi; Potensi lokal; Kearifan lokal; Keterampilan abad 21; Sumber belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 02:47 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53658 |