Simarmata, Maria Gracyiela P. (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL AMRITA OLABS PADA MATERI ELASTISITAS DI SMAN 1 BILAH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183121038 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM 4183121038 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM 4183121038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 4183121038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM 4183121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
9. NIM 4183121038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM 4183121038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM 4183121038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs pada materi elastisitas yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model 4D Thiagarajan yang diabatasi sampai dengan tahap pengembangan (Develop). Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru bidang studi fisika dan peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Bilah Hulu yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi, dan ahli media, lembar observasi, instrumen soal pretest dan posttest serta angket respon guru bidang studi dan peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs yang
dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika berdasarkan hasil uji validasi ahli materi (92,85%) dan ahli media (93,18%). Respon guru terhadap LKPD Yang dikembangkan (98,21%) dan
respon peserta didik (97,22%). Berdasarkan perhitungan N-Gain, LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs berada dalam kategori sedang dengan nilai 0,69. Dengan rata-rata hasil belajar 79,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan laboratorium virtual Amrita Olabs layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 022 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Laboratorium virtual; Elastisitas; Lembar kerja peserta didik; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 05:30 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53642 |