Nora, Balqis (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDE KARTUN DALAM PEMBELAJARAN TEKS RESENSI KELAS XII SMAS. SETIA BUDI BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2171111005 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 2171111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3. NIM 2171111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 2171111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 2171111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 2171111005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2171111005 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2171111005 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 2171111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM 2171111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
15. NIM 2171111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 2171111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis video kartun dalam pembelajaran teks resensi kelas XI SMA. Untuk melihat kelayakan bahan ajar berbasis video kartun dalam pembelajaran teks resensi kelas XI SMA sebagai
bahan ajar penunjang pembelajaran. Penelitian menerapkan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada alur pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono.Penelitian ini dibatasi hanya menerapkan Empat
langkah dari sepuluh langkah yang semestinya yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, dan validasi desain.Tahap validasi desain melibatkan 3 orang subyek (satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan satu orang guru bahasa indonesia) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, dan kelayakan media. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi diadaptasi dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).Analisis data
menggunakan analisis kuantitatif (deskriptif), dan kualitatif, Instrumen berupa angket dan wawancara menggunakan perhitungan skala Likert. Hasil penelitian
menunjukan bahwa bahan ajar berbasis video kartun dalam pembelajaran teks resensi kelas XI SMA dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran dengan perolehan skor untuk Ahli Materi memperoleh presentase
keseluruhan sebesar 95%, untuk Ahli Media memperoleh presentase keseluruhan sebesar 82 % , sedangkan untuk Guru memperoleh presentase keseluruhan sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:44 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53640 |