EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN KE MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Vardila, Helvina (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN KE MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2173111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173111028 COVER.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2173111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173311029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173311029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173311029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173311029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173311029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173311029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173311029 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173311029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 2173311029 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7.NIM 2173311029 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2173311029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2173311029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 2173311029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 2173311029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2173311029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2173311029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2173311029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2173311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi google classroom terhadap kemampuan siswa pada pembelajaran menulis teks negosiasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan dengan
populasi 356 siswa. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 4 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian posttest only control
design. Intrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan angket. Perlakuan yang akan diberikan berupa aplikasi google classroom di kelas eksperimen dan whatsapp di kelas kontrol. Pada pembelajaran menulis teks negosiasi saat menggunakan aplikasi google classroom (kelas eksperimen)
memperoleh nilai rata-rata sebanyak 87 termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan pada pembelajaran menulis teks negosiasi saat menngunakan aplikasi whatsapp (kelas control) memperoleh nilai rata-rata sebnayak 74 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 = 4,86, selanjutnya dikontruksikam dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1 df = 36-1= 35, Maka diperoleh ttabel pada taraf signifikasi 5% = 1,99. Nilai t0 > ttabel atau 3,58 > 1,66. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan aplikasi google classroom efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Aplikasi google classroom dapat mendukung proses pembelajaran,
serta membantu guru dan siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aplikasi google classroom, menulis teks negosiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:54
Last Modified: 22 Jan 2024 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53627

Actions (login required)

View Item
View Item