Rahman, Ovielia Putri (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Cooperative Learning Tipe Round Robin Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP Swasta IT Permata Hati Tebing Tinggi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206121005 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM. 8206121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM. 8206121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM. 8206121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8206121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 8206121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
8. NIM. 8206121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 8206121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
13. NIM. 8206121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
14. NIM. 8206121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta untuk mengetahui keefektifan E-LKPD Berbasis Model Cooperative Learning Tipe Round Robin Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP Swasta IT Permata Hati Tebing Tinggi.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk Borg&Gall dan dipadukan dengan model Dick&Carey. Model ini meliputi tahapan yaitu: subjek validator 2 orang ahli materi, subjek validator 2 orang ahli media, 3 orang siswa pada uji perorangan, 9 orang siswa pada uji kelompok kecil, dan 26 orang siswa pada uji lapangan terbatas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Round Robin layak digunakan untuk kelas VII SMP Swasta Permata Hati Tebing Tinggi berdasarkan validasi ahli materi pembelajaran sebesar 98,59% berada pada kualifikasi sangat layak, validasi ahli media sebesar 94,64% berada pada kategori sangat layak, uji coba perorangan sebesar 92,42% berada pada kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil sebesar 95,70% berada pada kategori sangat layak serta uji coba lapangan sebesar 91,87% berada pada kategori sangat layak. Hasil pengajuan hipotesis membuktikan bahwa E-LKPD pembelajaran layak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Swasta IT Permata Hati Tebing Tinggi, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang diberi treatment dengan menggunakan E-LKPD dengan hasil belajar siswa kelas VII-B yang diajarkan menggunakan media LKPD cetak (konvensional). Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 5,63 pada taraf signifikansi α= 0,05 dengan df diperoleh t tabel =50, sehinga thitung > ttabel (5,63>1,63). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi treatment. Dengan demikian E-LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Round Robin Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Swasta IT Permata Hati Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.334 Rah p |
Keywords: | Pengembangan E-LKPD, Model Cooperative Learning Tipe Round Robin, Hasil Belajar Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 10:17 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53574 |