Bakoban, Faizah Ibrahim (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186171003 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. 8186171003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. 8186171003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. 8186171003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. 8186171003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. 8186171003 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. 8186171003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 8186171003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
12. 8186171003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. 8186171003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan buku ajar digital dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan buku ajar digital berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VII-2 dan 15 orang siswa/i kelas VII-2 di SMP Negeri 13 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah buku ajar digital dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Kevalidan buku ajar digital yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan buku ajar digital dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,8 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan buku ajar digital ditinjau dari aspek yaitu ketuntasan klasikal dan respon siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,76 (kategori “Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,23 (kriteria “rendah”) menjadi skor 0,35 (kriteria “sedang”).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Bak p |
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar Digital, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 03:37 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53533 |