Simbolon, Yuni Shara Paulina (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SMA KELAS XI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171121038 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4171121038 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM 4171121038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 4171121038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
5. NIM 4171121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 4171121038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM 4171121038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM 4171121038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media yang digunakan oleh guru belum memanfaatkan teknologi mobile learning berbasis android dan siswa juga mengalami kesulitan dalam konsep fisika. Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android, mengetahui respon pengguna media pembelajaran yang sudah dikembangkan dan mengukur keefektifan media pembelajaran dalam peningkatan pemahaman kognitif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Subjek penelitian adalah uji coba kelompok kecil 10 siswa dan uji coba kelompok besar 34 siswa kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 7 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada enam yaitu: 1)Wawancara guru; 2)Angket kelayakan ahli materi; 3)Angket kelayakan ahli media; 4)Angket kelayakan oleh pendidik; 5)Angket respon peserta didik; dan 6)Soal Soal pretest-posttest yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan N-gain. Hasil uji kelayakan, diperoleh validasi dosen ahli materi sebesar 96,5% (sangat layak), ahli media pembelajaran fisika sebesar 95% (sangat layak) dan penilaian guru fisika sebesar 95% (sangat layak). Respon uji coba kelompok kecil dengan responden 10 orang diperoleh hasil efisien (3,0); produktif (2,8); aman (3,0) dan puas (3,1). Sedangkan, pada uji coba kelompok besar dengan responden 34 orang diperoleh hasil efisien (3,1); produktif (2,9); aman (3,0) dan puas (3,1). Berdasarkan perhitungan nilai gain, media pembelajaran termasuk dalam kategori sedang dalam keefektifan meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik dengan nilai 0,64 (efektif). Dengan demikian, media pembelajaran fisika mobile learning berbasis Android yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada materi teori Elastisitas dan Hukum Hooke.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 051 |
Keywords: | Media pembelajaran; Mobile learning; Android; Elastisitas; Hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53481 |