Avista, Silva Farrera (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181121012 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4181121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
3. NIM 4181121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM 4181121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM 4181121012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 4181121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
13. NIM 4181121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
14. NIM 4181121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, hasil pengujian kelayakan dan respon siswa terhadap instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas XI IPA 1 yang berjumlah 12 orang siswa untuk uji coba skala kecil dan 35 orang siswa untuk uji coba skala luas. Berdasarkan analisis validitas isi menggunakan indeks Validitas Aiken, diperoleh 11 soal dapat dilanjutkan ke tahap uji coba. Pada uji coba skala kecil, diperoleh hasil validitas butir soal sebanyak 8 soal valid dan 3 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,90 dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan tingkat kesukaran diperoleh 3 soal mudah dan 8 soal sedang. Dari aspek daya pembeda diperoleh 1 soal sangat baik, 5 soal baik dan 5 soal cukup. Uji respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 85% kategori sangat baik. Dari uji coba skala kecil, soal yang tidak memenuhi kriteria harus direvisi agar dapat diujikan ke skala luas. Pada uji coba skala luas, diperoleh hasil validitas butir soal sebanyak 9 soal valid dan 2 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi. Ditinjau dari tingkat kesukaran diperoleh 3 soal mudah, 1 soal sukar dan 7 soal sedang. Dari aspek daya pembeda diperoleh 2 soal sangat baik, 4 soal baik, 4 soal cukup dan 1 soal jelek. Uji respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 81% kategori sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa 9 soal layak dan diterima sebagai instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 059 |
Keywords: | Instrumen tes; Pemecahan masalah; Fluida dinamis; Higher order thinking skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 08:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53478 |