Khairani, Masita (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS PADA KELAS XI MAN 3 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121014 COVER.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
2. NIM 4161121014 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
3. NIM 4161121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4161121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 4161121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM 4161121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 4161121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
14. NIM 4161121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan merancang media
pembelajaran mobile learning berbasis android yang dihasilkan melalui respon siswa, kelayakan dan uji efektifan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (research and development) dengan model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah yaitu studi pendahuluan (Analysis), perancangan produk (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (implementation), evaluasi tahap akhir (Evaluation). Sampel pengujian media ini adalah kelas XI IPA 5 Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil angket analisis, validasi respon siswa. Hasil validasi dari ahli media terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis memiliki persentase 82,1% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dari ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis memiliki persentase 94,4% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon guru terhadap media pembelajaran mobile learning berbasis android memliki persentase 86,3% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba skala kecil memiliki 7,1% dengan kriteria baik. Hasil uji lapangan skala besar memiliki 89,6% dengan kriteria sangat baik, tingkat keefektifan mobile learning berbasis android berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh 7,44
dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan mlearning berbasis android pada materi fluida statis memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 052 |
Keywords: | Mobile learning; Android; Fluida statis; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 07:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53470 |