Lubis, Indah Hairiah (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181121014 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4181121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM 4181121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4. NIM 4181121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM 4181121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. NIM 4181121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 4181121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
14. NIM 4181121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Discovery Learning pada materi pokok usaha dan energi untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 17 orang untuk kelompok kecil dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak 35 orang untuk kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan ADDIE Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan oleh siswa dan angket respon siswa, Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkan E-LKPD berbasis Discovery Learning yang valid ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 98,89% yang diperoleh dari Aspek kelayakan isi 98,4%, aspek penyajian 98,6%, dan aspek kebahasaan 100%. Kevalidan E-LKPD dari ahli media dinyatakan valid dengan persentase 98,43% yang diperoleh dari aspek kegrafisan 97,7% dan aspek rekayasa perangkat lunak 100%. Penilaian kepraktisan oleh kelompok kecil sebesar 84,50% berkategori sangat praktis yang diperoleh dari aspek kemudahan penggunaan 85,83%, aspek ekivalensi 80,88%, aspek kemudahan interpretasi 87,50%, dan aspek waktu penggunaan 83,82%. Hasil kepraktisan oleh kelompok besar 88,26% dengan kategori sangat praktis diperoleh dari aspek kemudahan penggunaan 88,77%, aspek ekivalensi 84,29%, aspek kemudahan interpretasi 90,36%, dan aspek waktu penggunaan 89,64%. Respon siswa terhadap minat belajar dengan persentase 81,20% diperoleh dari aspek perasaan senang 81,90%, aspek ketertarikan 81,60%, aspek perhatian 79,88%, dan aspek keterlibatan 81,43% dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 91,82% dan rata-rata nilai 87,97 sehingga E-LKPD berada dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 050 |
Keywords: | Discovery learning; Usaha; Energi; Pembelajaran daring; Liveworksheets; Bahan ajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:20 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53467 |