Hulu, Shella Julia Rani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER 1 PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183131028 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 4183131028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM. 4183131028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM. 4183131028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 4183131028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 4183131028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 4183131028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4183131028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek dalam proses pembelajaran siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. (3) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI semester 1 terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis proyek pada materi termokimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.A 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 2 kelas. Kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran termokimia menggunakan modul berbasis proyek dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia materi termokimia dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang valid dan reliabel (0,8570). Teknik analisa data untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak (pihak kanan). Data yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,59 dan kelas kontrol adalah 68,00. Hasil pengujian hipotesis taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung>ttabel (6,441 > 1,997), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh signifikan penggunaan modul dalam pembelajaran kimia berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester 1 pada materi termokimia. Penggunaan modul pada pembelajaran kimia berbasis proyek cukup efektif (65%) dan respon siswa sangat tertarik (94,7%) terhadap hasil belajar pada materi termokimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 085 |
Keywords: | Modul; Pembelajaran berbasis proyek; Hasil belajar; Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53454 |