Sembiring, Hanna Grace (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI LITERASI SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183331023 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4183331023 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 4183331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 4183331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 4183331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM 4183331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
13. NIM 4183331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4183331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis problem based learning (PBL) terintegrasi literasi sains pada materi laju reaksi. Subjek pada penelitian ini adalah modul berbasis PBL terintegrasi literasi sains. Objek pada penelitian ini adalah materi Laju Reaksi kimia. Penelitian ini mengacu pada langkah- langkah Borg and Gall namun dibatasi sampai 5 langkah atau tahapan. Langkah- langkah dimulai dengan pengumpulan data dan informasi, perencanaan pengembangan modul berbasis PBL, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media. Kemudian, modul diuji cobakan kepada 2 orang guru dan siswa kelas XI-IPA 2 berjumlah 30 siswa SMA Negeri 7 Medan. Sementara ntuk melihat kemenarikan modul tersebut dilakukan metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis PBL terintegrasi literasi sains pada materi laju reaksi kimia dinyatakan layak setelah di validasi dengan diperoleh persentase rata- rata ahli materi sebesar 84,63% dengan kategori valid/layak dan persentase rata- rata ahli media sebesar 84,41% dengan kategori valid/ layak. Dan dinyatakan menarik setelah memperoleh persentase rata- rata respon guru sebesar 93,45 % dengan kategori sangat menarik dan persentase rata-rata respon siswa sebesar 86,77% dengan kategori sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 077 |
Keywords: | Modul; Problem based learning; Literasi sains; Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 08:34 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53435 |