PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN ION DAN KOVALEN UNTUK SMA KELAS X

Sitepu, Deri Salsalina (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATERI IKATAN ION DAN KOVALEN UNTUK SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181131004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181131004 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 4181131004 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4181131004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181131004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181131004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181131004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181131004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4181131004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4181131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181131004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181131004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181131004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181131004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4181131004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4181131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengembangkan dan menghasikan media pembelajaran berbasis web google sites yang dikembangkan pada mata pelajaran kimia, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web google sites yang dikembangkan, (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis web google sites (4) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis web google sites lebih tinggi dari nilai KKM pada materi ikatan ion dan kovalen. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen test dan non test, instrumen tes berupa Pretest-Postest dan instumen non tes yang digunakan berupa lembar validasi yang telah memenuhi standar BSNP yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa serta kegrafikan oleh validator dan lembar angket respon siswa dengan skala lima kategori. Hasil kelayakan validasi menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran google sites pada materi ikatan ion dan kovalen dalam kategori layak dan tidak perlu direvisi dengan perolehan nilai rata-rata kelayakan isi sebesar 3,63 ; kelayakan bahasa sebesar 3,85 ; kelayakan penyajian sebesar 3,87; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,74. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bilah Hulu. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Bilah Hulu sebanyak 32 siswa. Respon peserta didik terhadap media pebelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen memberikan nilai positif nilai 4,79. Pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke postest, dengan rata-rata nilai pretest adalah 49,68 dan nilai rata-rata post test adalah 83,13. Pengujian data dengan SPSS 23 For Windows dengan uji one simple t-test, nilai Sig ( 2- Tiled) yang diperoleh sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web google sites pada materi ikatan ion dan kovalen lebih tinggi dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 061
Keywords: Web; Google sites; Ikatan ion; Kovalen; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:53
Last Modified: 06 Oct 2023 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53421

Actions (login required)

View Item
View Item