STUDENT ENGAGEMENT DALAM PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DI PJKR FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Ritonga, Doris Apriani and Sunarno, Agung and Azmi, Chairul (2019) STUDENT ENGAGEMENT DALAM PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DI PJKR FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18 (02). pp. 135-145. ISSN 1693-1475

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan media e-learning dapat meningkatkan student engagement dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan PJKR, FIK Universitas Negeri Medanpada matakuliah Psikologi Olahraga.Variabel independen adalah pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi Edmodo. Variabel dependen adalah student engagement mahasiswa dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran student engagement dengan dua kali pengukuran yaitu pretes dan post test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil pengujian data menunjukkan perbedaan tingkat student engagement hasil post tes kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 1,19, memiliki nilai signifikansi sebesar 0,626 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan tingkat student engagement setelah dilakukan pembelajaran e-learning pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol adalah sama (setara) secara statistik. Hasil pengujian data masing-masing kelompok menunjukkan tingkat student engagement pada kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional mengalami penurunan tingkat student engagement dari 106,69 menjadi 105,75, turun 0,938 poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajaran, dengan nilai signifikasi sebesar 0,652 > 0,05 sehingga disimpulkan tidak ada kenaikan tingkat student engagement sebelum dan sesudah pembelajaran. Tingkat student engagement pada kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran e-learning dengan edmodo mengalami peningkatan student engagement dari 104,00 menjadi 106,94, naik 2,934 poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajarane-learning,dengan nilai signifikasi sebesar 0,008 < 0,05 sehingga disimpulkan ada kenaikan tingkat student engagement dari sebelum dan sesudah pembelajaran dengan e-learning Edmodo. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning mampu meningkatkan student engagement pada kelompok eksperimen yaitu kelas PJKR, FIK Universitas Negeri Medan.

Item Type: Article
Additional Information: 378.17 Rit s
Keywords: Student engagement, E-Learning, Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:47
Last Modified: 04 Jul 2023 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53389

Actions (login required)

View Item
View Item