PENGEMBANGAN VARIASI PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR DAN NILAI KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN BERMAIN DI SEKOLAH DASAR

LPPM Universitas Negeri Medan (2021) PENGEMBANGAN VARIASI PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR DAN NILAI KARAKTER BERBASIS PENDEKATAN BERMAIN DI SEKOLAH DASAR. EC00202134650.

[thumbnail of EC00202134650.pdf]
Preview
Text
EC00202134650.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview

Abstract

Keterampilan gerak dasar di jenjang Sekolah Dasar saat ini menjadi perhatian banyak kalangan, hal ini disebabkan pada masa usia sekolah dasar merupakan masa intelektual atau masa yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Ide pengembangan variasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar dan nilai karakter berbasis pendekatan diperoleh melalui pengamatan peneliti dan studi pendahuluan sebagai pengelola dan instruktur program Pendidikan Profesi Guru di Prodi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi. Sejak angkatan 2018 sampai angkatan 2020 menemukan beberapa faktor kelemahan yang dihadapi oleh guru pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar, dalam mengembangkan pembelajaran yang aktif (Active Learning). Salah satu kelemahan yang sangat mendasar adalah rendahnya kreatifitas dan inovasi guru dalam mengembangkan kemampuan gerak dasar dan nilai karakter dengan pendekatan bermain, dalam hal ini bermain di buat dalam bentuk-bentuk permainan yang sesuai
dengan kebutuhan peserta didik. Guru cenderung menggunakan bentuk-bentuk permainan yang telah ada seperti permainan bola kasti, sepak bola, bola volly dan bola basket., meskipun permainan tersebut pada dasarnya belum sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak sekolah dasar. Tujuan penelitian dan pengembangan variasi pembelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan berbasis pendekatan bermain diharapkan dapat mengembangkan kemampuan gerak dasar dan nilai karakter siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba kelompok kecil 30 orang siswa sekolah dasar dan 4 orang guru, uji coba kelompok besar 60 orang siswa sekolah dasar dan 4 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar Unit Pelaksanaan Teknik Percut Sei Tuan. Instrumen penelitian menggunakan skala penilaian. Teknik analisis data menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk membuktikan tingkat validitas variasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berbasis pendekatan bermain dalam mengembangkan kemampuan gerak dasar dan nilai karakter siswa sekolah dasar, dan menggunakan uji perbedaan untuk membuktikan efektifitas kemampuan gerak dasar dan nilai karakter siswa sekolah dasar di Unit Pelaksanaan Teknik
Percut Sei Tuan.

Item Type: Patent
Keywords: Pendidikan jasmani; Variasi pembelajaran; Pendekatan bermain; Gerak dasar; Karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:08
Last Modified: 03 Jul 2023 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53383

Actions (login required)

View Item
View Item