Ramadhani, Sri and Zainuddin and Nasrun and Harahap, Dahrul Aman and Febriani, Budi and Hafni, Syafrida (2023) Manajemen Peace Education Di Sekolah. UMSU Press, Medan. ISBN ISBN : 978-623-408-383-5 ; E-ISBN : 978-623-408-388-0 (PDF)
Book.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Sekarang ini pendidikan perdamaian sudah menjadi
gerakan global dalam upaya mewujudkan perdamaian
dunia. Nasib dan masa depan suatu bangsa tergantung pada
perdamaian dan keadilan yang dirasakannya. Tidak ada
perdamaian tanpa keadilan. Dalam hal ini perdamaian yang
dimaksudkan bukan sebatas tiada perang, tetapi adanya
keadilan dalam segala aspek yang membawa kesejahteraan
hidup manusia, ekonomi, sosial, politik, lingkungan dan
spiritual. Perdamaian dibentuk oleh pandangan kita tentang
dunia, pandangan kita tentang realitas, sifat manusia, tujuan
hidup dan hubungan manusia.
Pendidikan perdamaian adalah proses pengembangan
keterampilan yang holistik, beraneka ragam, dan
meneguhkan kehidupan yang memberdayakan anak didik
dengan kegiatan kreatif dan tidak merusak. Ini menekankan
pengajaran perdamaian, non-kekerasan, resolusi konflik,
keadilan sosial, kesejahteraan ekonomi, partisipasi praktis
dan kepedulian lingkungan. Pendidikan perdamaian
adalah keadaan psikologis, sosial, politik, etis, dan spiritual
dengan ekspresi dalam bidang kehidupan manusia
intrapersonal, antarpribadi, antarkelompok, internasional,
dan global. Oleh sebab itu, pendidikan tentang perdamaian
melibatkan pengembangan dan praktik instruksi dan proses
yang membentuk tatanan sosial yang damai. Anak didik
perlu diajarkan pedagogik perdamaian yang mencakup pengakuan dan penolakan terhadap kekerasan,
pemahaman tentang perbedaan melalui dialog, kesadaran
kritis terhadap ketidakadilan, keadilan sosial dan
pemahaman imajinatif tentang perdamaian (Nair dan Nath,
2009).
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Perdamaian at Glance; Urgensi Pendidikan Perdamaian untuk Perdamaian Berkelanjutan; Urgensi Pendidikan Damai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 12:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 13:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53378 |