Amal, Bakhrul Khair and Supsiloani (2020) Masalah Sosial Dalam Kaca Mata IPS. Obelia Publisher, Medan. ISBN 978-602-5951-95-4
Book.pdf - Published Version
Download (60MB) | Preview
Abstract
Berbicara mengenai pertumbuhan IPS di Indonesia sendiri, IPS pertan1a
kali muncui pada tahun 1968 dalam Seminar Nasional tentang Civic Education di
Tawangtnangu, Solo. Namun pada tahun 1945-1964 sebelmn istilah IPS dikenal,
pendidikan di Indonesia sudah ada pembelajaran yang memiliki karakteristik dan dikaji
oleh IPS, seperti mata pelajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan antropologi
din1ana masih terpisah-pisah atau belum terintegrasi menjadi satu yakni IPS. Pada
tahun 1970-an Indonesia baru memperkenalkan IPS di tingkat sekolah sejalan dengan
perkembangan pemikiran ten tang Sosial Studies di negara-negara maju dan tingkat
permasalahan sosial yang semakin kompleks.
Pada tahun 1972-1973 mulai diperkenalkan mata pelajaran IPS dalam dunia
persekolahan yakni kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan {PPSP) IKIP
Bandung. Dengan berkembangnya IPS dalam dunia pendidikan maka pada tahun 1975
dan 1984 IPS dimasukan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pada kurikulum
1975 dinyatakan bahwa IPS adalah paduan sejumlah mata pelajaran Ilmu Sosial dari
batasan pengertian IPS, tampak berbeda definisi IPS dengan kurikulum sebelumnya.
IPS terpadu untuk jenjang SD, pada jenjang SMP, IPS terkonfederasi meliputi n1ata
pelajaran geografi, sejarah dan koperasi. Sedangkan untuk SMA, IPS menjadi suatu
jurusan program studi bersama IPA dan Bahasa.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sosial; tiga paradigma sosiologi; analisis fenomena sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:12 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53374 |