Daryanto, Eka and Darwin and Siregar, Batumahadi and Januariyansah, Sapitri (2022) Model Manajemen Pelatihan Pendidikan Vokasi. UMSU Press, Medan. ISBN ISBN : 978-623-408-135-0; E-ISBN : 978-623-408-136-7 (PDF)
Book.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan Undang-undang No. 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan tinggi
di Indonesia diklasifikasikan dalam 3 jenis pendidikan,
yaitu Pendidikan Akadernik, Pendidikan Vokasi, dan
Pendidikan Profesi/ Ahli.
Pendidikan Akademik merupakan sistem
pendidikan yang mengarah pada penguasaan dan
pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi,
dan seni tertentu. Pendidikan vokasi adalah pendidikan
mengacu kepada penguasaan keahlian terapan tertentu.
Pendidikan vokasi mencakup program pendidikan
Diploma I (Dl), Diploma IT (02), Diploma III (03), dan
Diploma IV (04). Pendidikan profesi dipersiapkan untuk
peserta didik agar memiliki pekerjaan dengan
persyaratan keahlian khusus dan juga mendapatkan
gelar profesi/keahlian tertentu.
Pendidikan vokasional merupakan pendidikan
yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki
lapangan kerja setelah menyelesaikan studinya.
Perkembangan pendidikan vokasi erat hubungannya
dengan dunia kerja yang dipengaruhi oleh berbagai
perubahan teknologi, perubahan organisasi pekerjaan,
dan perubahan kompetensi (Nizwardi, 2011).