Sinaga, Bornok and Sahyar and Darwin and Simamora, Pintor and Rajagukguk, Juniastel (2022) Pelatihan Pengembangan Modul pembelajaran Berbasis Gaya Belajar dan Berfikir Siswa Pendidikan Dasar di Kota Medan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3 (2). pp. 1051-1062. ISSN e-ISSN : 2745 4053
Article.pdf - Published Version
Download (852kB) | Preview
Abstract
Kelompok mitra yang menjadi target Pengabdian Kepada Masyarakt (PKM) tim Pascasarjana Universitas Negeri Medan adalah SMP Negeri 20, SMP Negeri 38 dan SDN 064006 Medan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Adanya “learning loss” dan “social interaction loss” akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama Pandemi Covid-19 berdampak pada ketidak tercapaian tujuan pembelajaran sesuai level berpikir siswa. Untuk mengatasi permasalahan pada mitra, maka tim pengabdi Pascasarjana Universitas Negeri Medan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SD dan SMP untuk mengembangkan modul pembelajaran akan digunakan sebagai bahan ajar di kelas. Pelatihan dilaksanakan selama satu hari penuh, dilanjutkan dengan pendampingan terhadap hasil karya modul yang dikembangkan. Adapun kelompok guru yang mengikuti pelatihan tersebut adalah guru mata pelajaran Matematika dan IPA (Sains) dari tiga sekolah model. Sehingga ada enam kelompok guru dengan jumlah per-kelompok sebanyak 5 orang ditambah dengan kepala sekolah dan pengawas sekolah. Dari kegiatan pelatihan ini telah diperoleh produk berupa modul pembelajaran untuk kelas 3 SD, 5 SD, VII SMP dan VIII SMP untuk masing-masing mata pelajaran Matematika dan IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Modul; Gaya belajar; siswa Berpikir siswa; Guru Matematika; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 15:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 15:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53351 |