Darwin and Rosnelli (2022) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN “KEPEMIMPINAN” SEBAGAI MATA KULIAH PENCIRI UNIVERSITAS: PENGEMBANGAN MODEL REVITALISASI KURIKULUM MATA KULIAH INSTITUSI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.
Report.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
yang diwajibkan lulus bagi setiap mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) jenjang
D3, S1, S2 dan S3, karena Unimed terus berupaya mempersiapkan pemimpin masa depan
bangsa (building the future leaders). Sejak lahir 6 tahun yang lalu (tahun 2016) mata kuliah
kepemimpinan ini belum pernah dievaluasi dan dibenahi secara serius. Dari sisi perangkat
pembelajaan, masih menggunakan RPS yang dirumuskan tim sejak tahun 2016 yang lalu,
masih ada dosen yang enggan mengampu mata kuliah kepemimpinan karena tidak berlatar
belakang manajemen atau administrasi pendidikan, belum tegasnya kriteria dosen
pengampu, belum pernah ditanya persepsi dosen pengampu dan persepsi mahasiswa tentang
penyelenggaraan perkuliahaan kepemimpinan terutama pada jenjang magister (S2) dan
doktor (S3). Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor yang
melatarbelakangi lahirnya Mata Kuliah Kepemimpinan; (2) Pengembangan struktur
kurikulum Mata Kuliah Kepemimpinan yang berorientasi level KKNI bagi mahasiswa S2,
dan S3. (3) Model revitalisasi pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran mata
kuliah “Kepemimpinan” sebagai Mata Kuliah Penciri Universitas. (4) Pengembangan buku
dan perangkat pembelajaran pendukung pelaksanaan perkuliahan kepemimpinan sehingga
relevan dengan kebutuhan perkembangan masa depan. Untuk mencapai tujuan di atas,
digunakan pendekatan kombinasi kualitatit dan kuantitatif (mixed methods). Subyek
spenelitian adalah 25 dosen dengan tugas tambahan atau dosen tanpa tugas tambahan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya MK
kepemimpinan adalah (a) arahan kebijakan pengembangan institusi, (b) eligibilitas dan
rekam jejak Unimed, (c) tuntutan perubahan perkembangan peran dan fungsi Unimed, (d)
harapan masyarakat, (e) tantangan globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan komunikasi, dan (f) hasil evaluasi terhadap kinerja dan reputasi; (2)
Pengembangan struktur kurikulum Mata Kuliah Kepemimpinan yang berorientasi level
KKNI bagi mahasiswa S2, dan S3 dikembangkan mengacu pada visi dan misi universitas,
kerangka kualifikasi kompetensi nasional indonesia (KKNI), capaian pembelajaran lulusan
(CPL) universitas; (3) Model revitalisasi pengembangan kurikulum mata kuliah
“Kepemimpinan” mengikuti pengintegrasian teori-teori peningkatan reputasi yang secara
keseluruhan menjawab rasionalisasi pentingnya revitalisasi kurikulum institusi, dengan
siklus revitalisasi pengembangan kurikulum terdiri atas 5 tahapan umum yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi,
serta tindak lanjut perbaikan. Kepemimpinan sebagai matakuliah penciri/branded
keunggulan reputasi Universitas, yang diwajibkan lulus bagi setiap mahasiswa Unimed,
karena Unimed terus berupaya mempersiapkan pemimpin masa depan bangsa (building the
future leaders) untuk menjadikan dunia menjadi lebih baik.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Keywords: | Mata Kuliah Kepemimpinan, Penciri Universitas, Revitalisasi Kurikulum, Raputasi institusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Jun 2023 17:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 16:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53313 |