PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK STEP BY STEP ON THE JOB TEACHER TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES PILIHAN GANDA DAN MENGGUNAKAN ANATES V4 PADA SMA NEGERI DI KOTA BINJAI

Salman and Darwin and Rahman, Arif (2015) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK STEP BY STEP ON THE JOB TEACHER TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES PILIHAN GANDA DAN MENGGUNAKAN ANATES V4 PADA SMA NEGERI DI KOTA BINJAI. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7 (2). pp. 74-84. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru
dalam menyusun tes pilihan ganda dengan menggunakan Anates V4
di SMA Negeri Kota Binjai. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri
4, 6 dan 7 Binjai. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dalam dua
siklus yang menggunakan teknik Step by Step On The Job Training.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik
Step by Step On The Job Teacher Training dapat meningkatkan kemampuan guru
bahasa Prancis dalam menyusun soal pilihan ganda dan menggunakan Anates V4.
Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keberhasilan yaitu pertama, guru
memperoleh nilai > 80 dalam menyusun tes pilihan ganda yang sesuai dengan
kaidah penyusunan tes. Pada siklus I guru memperoleh rata-rata nilai 74,14 dan
meningkat pada siklus II menjadi 87,99. Kedua, guru memperoleh nilai > 80
dalam penggunaan aplikasi Anates V4. Pada siklus I guru memperoleh nilai ratarata
64 dan pada siklus II terjadi kenaikan menjadi rata-rata 90. Ketiga, >80% soal
pilihan ganda yang telah disusun dapat diterima setelah dilakukan analisis. Pada
siklus I dari 25 soal yang disusun, rata-rata soal yang dapat diterima sebanyak
52% dari jumlah soal keseluruhan dan jumlah ini mengalami peningkatan di
siklus II menjadi 83% soal diterima dari jumlah total soal keseluruhan.
Pelaksanaan teknik Step by Step On The Job Teacher Training yang efektif sesuai
dengan tahapan pelaksanaan pada siklus II. Tahapan siklus II merupakan
modifikasi dari pelaksanaan pada siklus I yang telah melalui proses refleksi
ternyata tidak memenuhi kriteria indikator keberhasilan pelaksanaan tindakan.

Item Type: Article
Keywords: Tes pilihan ganda, Anates V4, Step By Step On The Job Pelatihan, Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:16
Last Modified: 30 Jun 2023 14:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53310

Actions (login required)

View Item
View Item