IMPLIKASI AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU TATA KELOLA SMK NEGERI 1 OKU

Karyanto, Uum Gatot and Rahman, Arif and Darwin (2015) IMPLIKASI AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU TATA KELOLA SMK NEGERI 1 OKU. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7 (2). pp. 43-57. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) nilai komponen, nilai akhir, dan
peringkat akreditasi sebagai hasil akreditasi sekolah; (2) tindak lanjut atas hasil akreditasi
sekolah yang dilakukan pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan mutu tata
kelola sekolah; dan (3) implikasi akreditasi sekolah terhadap peningkatan mutu tata
kelola sekolah pada SMKN 1 OKU. Penelitian didesain menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel situsai sosial yang
digunakan adalah teknik purposive sampling. ―Populasi‖-nya sekaligus sebagai informan
kunci yaitu para pemangku kepentingan SMKN 1 OKU. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen, dan (4)
trianggulasi. Analisis data meng-gunakan Model Miles & Huberman, meliputi (a) reduksi
data, (b) penyajian data, dan (c) kesimpulan/verifikasi. Untuk menetapkan keabsahan data
digunakan empat kriteria: (1) kredibilitas, (2) transferabilitas, (3) dependabilitas, dan (4)
komfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pencapaian SNP oleh SMKN 1
OKU untuk semua program keahlian yang diakreditasi mencapai rata-rata bobot
maksimal dan dikategorikan sebagai ―mendukung fungsi semua komponen dalam proses
pembelajaran yang sangat baik‖; (2) tindak lanjut atas refleksi terhadap hasil akreditasi
dilakukan dalam melalui mekanisme (a) Opening Meeting Audit Internal (OM), (b)
Closing Meeting Audit Internal (CM), dan (c) Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) atau
pola OM-CM-RTM; (3) akreditasi sekolah hanya berimplikasi terhadap 9 dari 24
komponen (37,5%) tata kelola sekolah.

Item Type: Article
Keywords: akreditasi sekolah, peningkatan mutu, tata kelola sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:16
Last Modified: 30 Jun 2023 14:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53307

Actions (login required)

View Item
View Item