KEPEMIMPINAN BERBASIS DALIHAN NA TOLU DALAM SEKOLAH PENGGERAK: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF

Situmorang, Tobok Luhut and Rajagukguk, Frans Hanaekan and Darwin (2022) KEPEMIMPINAN BERBASIS DALIHAN NA TOLU DALAM SEKOLAH PENGGERAK: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10 (2). pp. 567-573. ISSN E.ISSN.2614-6061 P.ISSN.2527-4295

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan persepsi guru-guru dan tenaga kependidikan
mengenai model kepemimpinan yang berlandaskan kearifan lokal etnis Batak yakni Dalihan Na Tolu di sekolah
penggerak. Penelitian dilakukan pada dua instansi pendidikan yakni UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh
dan UPTD SMP Negeri 2 Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode non eksperimen yaitu metode deskriptif dengan teknik survei. Terdapat 84
responden yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan dilibatkan dalam penelitian ini untukmemberikan
persepsi mereka mengenai kepemimpinan kepala sekolah berbasis kearifan lokal Dalihan Na Tolu melalui
angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (lebih dari 85%) guru dan tenaga
kependidikan memiliki respon yang positif terhadap kepemimpinan di kedua istansi tersebut. Kepala sekolah
menerapkan prinsip-prinsip Dalihan Na Tolu dalam memimpin sekolah penggerak di Kabupaten Batubara.
Persentase persepsi cenderung merata yang dinyatakan bahwa kepala sekolah merealisasikan prinsip Somba
Marhula-hula, Elek Marboru, dan Manat Mardongan Tubu dalam kepemimpinan mereka di sekolah penggerak.

Item Type: Article
Keywords: Kepemimpinan, Dalihan Na Tolu, Sekolah Penggerak
Subjects: L Education > L Education (General) > L899 School fairs
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:15
Last Modified: 30 Jun 2023 14:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53301

Actions (login required)

View Item
View Item