Situmorang, Tobok Luhut and Rajagukguk, Frans Hanaekan and Darwin (2022) KEPEMIMPINAN BERBASIS DALIHAN NA TOLU DALAM SEKOLAH PENGGERAK: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10 (2). pp. 567-573. ISSN E.ISSN.2614-6061 P.ISSN.2527-4295
Article.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan persepsi guru-guru dan tenaga kependidikan
mengenai model kepemimpinan yang berlandaskan kearifan lokal etnis Batak yakni Dalihan Na Tolu di sekolah
penggerak. Penelitian dilakukan pada dua instansi pendidikan yakni UPTD SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh
dan UPTD SMP Negeri 2 Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode non eksperimen yaitu metode deskriptif dengan teknik survei. Terdapat 84
responden yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan dilibatkan dalam penelitian ini untukmemberikan
persepsi mereka mengenai kepemimpinan kepala sekolah berbasis kearifan lokal Dalihan Na Tolu melalui
angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (lebih dari 85%) guru dan tenaga
kependidikan memiliki respon yang positif terhadap kepemimpinan di kedua istansi tersebut. Kepala sekolah
menerapkan prinsip-prinsip Dalihan Na Tolu dalam memimpin sekolah penggerak di Kabupaten Batubara.
Persentase persepsi cenderung merata yang dinyatakan bahwa kepala sekolah merealisasikan prinsip Somba
Marhula-hula, Elek Marboru, dan Manat Mardongan Tubu dalam kepemimpinan mereka di sekolah penggerak.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kepemimpinan, Dalihan Na Tolu, Sekolah Penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L899 School fairs |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:15 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 14:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53301 |