Siagian, Mia Sanita and Lubis, M. Joharis and Darwin (2022) Analisis Peningkatkan Mutu melalui Kepemimpinan Berbasis Budaya Etis Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 3812-3820. ISSN p-ISSN 2580-3735; e-ISSN 2580-1147
Article.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Problematika yang terjadi di dunia pendidikan secara khusus dapat terlihat melalui pemberitaan yang ada di
media masa. Berita negatif terkait pendidikan yang ada di berita menunjukan kualitas pendidikan semakin
menurun sekolah berdasarkan permasalahan diatas, perlakuan menyimpang dari oknum-oknum kepala sekolah
tersebut. Seseorang yang memimpin di lembaga pendidikan harus mampu menganalisis situasi dan menentukan
tingkat kualitas/mutu pendidikan di sekolahnya. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini untuk memahami
sebesapa besar penngkatan yang terjadi di sekolah SMA Negeri1 Aek Kuasan yang dimana kepala sekolahnya
menerapkan kepemimpinan budaya etis. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan
penelitian Study Kasus dimana peneliti berfokus dalam mengamati fenomena-fenomena yang terjadi. hasil
informasi yang dikumpulkan oleh peneliti melalaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji
kredibilitas/keabsahan data, maka peneliti menggunakan Triangulasi. Kesimulan yang didapat dari penelitian
ini iberdasarkan keadaan dilapangan dan dilihat dari cara serta prilaku memimpin, respon guru terhadap
kepemimpinan kepala sekola dan masyarakat, semua cara tersebut dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka
menerapkan kepemimpinan berbudaya etis sudah mampu meningkatkan kualitas dan mutu sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Peningkatan Mutu, Kepemimpinan, Berbudaya Etis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 09:08 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 14:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53291 |