Siregar, Wahyuni and Lubis, M. Joharis and Darwin (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 3867-3874. ISSN p-ISSN 2580-3735; e-ISSN 2580-1147
Article.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Kepala sekolah yang merupakan pejabat tertinggi dalam struktur organisasi sekolah tentunya memiliki pengaruh
yang cukup besar dalam menentukan arah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sekolah di
dalam kelas. Kehadiran kepala sekolah sangat penting karena ia berfungsi sebagai kekuatan motivasi bagi sumber
daya sekolah, terutama instruktur, karyawan, dan siswa. Manajemen pendidikan di SMA Negeri 1 Padang Bolak
berpedoman dan mengacu pada delapan standar nasional pendidikan yang dijadikan pedoman dan acuan dalam
penyelenggaraan pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti menggabungkan teknik kualitatif dengan metode
deskriptif untuk mencapai hasil penelitiannya. Harapannya, berkat profesionalisme prinsip, pertumbuhan
profesional tenaga kependidikan akan mudah dicapai karena sesuai dengan tugas kepala sekolah. Observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi adalah beberapa instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitiannya.
Teknik sampling non-probabilitas (Purposive sampling dengan snowball sampling). Sangat penting untuk
mengevaluasi validitas penelitian untuk menentukan kebenaran dari temuan yang ada; Uji validitas yang
digunakan peneliti adalah triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah menajemen yang di terapkan oleh
sekolah telah mengacu pada Standart Pendidikan Nasional (SNP) secara efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kepemimpinan, Menajemen Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 08:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 14:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53289 |