Hariadi (2013) PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12 (2). pp. 67-80. ISSN 1693-1475
PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH (2).pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 maka aspek penilaian merupakan aspek yang esensial dalam pembelajaran. Penilaian tidak saja berorientasi pada hasil belajar tetapi juga pada input dan proses. Dengan demikian melalui penilaian guru dapat menjadi masukan apakah pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan berhasil dengan baik. Oleh karena itu dalam delapan standar nasional pendidikan, penilaian termasuk salah satu aspek yang diwajibkan penrapannya. enilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Mengingat penilaian dan pembelajaran adalah merupakan dua hal yang saling berkaitan, maka penilaian merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran. Penilaian otentik merupakan salah satu bentuk penilaian yang dapat dipergunakan untuk kepentingan tersebut karena menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam prosesnya. Penilaian otentik tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan pada apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran, Penilaian Otentik, Penjasorkes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 04:47 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53234 |