LAPORAN PENELITIAN TERAPAN EVALUASI PELAKSANAAN PLP SECARA DARING MAHASISWA PRODI PTB FT UNIMED DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR

Matondang, Zulkifli and Mulyana, Rachmat and Putra, Riansyah (2021) LAPORAN PENELITIAN TERAPAN EVALUASI PELAKSANAAN PLP SECARA DARING MAHASISWA PRODI PTB FT UNIMED DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. Technical Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai
kendala yang terjadi dalam kegiatan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)
pada prodi PTB FT Unimed. Pelaksanaan PLP saat ini umumnya dilakukan secara
dalam jaringan (daring), karena masih suasana terjadinya pandemi Covid-19.
Kemudian mulai Tahun Ajaran 2020, kurikulum pada setiap perguruan tinggi,
dianjurkan untuk melaksanakan konsep Merdeka Belajar. Dengan kondisi
pembelajaran dalam implementasi merdeka belajar, maka perlu dianalisis berbagai
kendala yang terjadi dalam pelaksanaan PLP pada prodi PTB. Dengan memahami
berbagai kendala tersebut dapat dirumuskan solusi yang dapat dilakukan agar
pembelajaran daring dapat terlaksana sesuai dengan capaian kompetensi PLP.
Implementasi pembelajaran daring yang dilaksanakan pada FT Unimed sangat
variatif, baik dari segi rumusan kompetensi, input (sarana dan kemampuan), proses,
penugasan, penilaian dan kompetensi yang dihasilkan. Luaran dari kegiatan
evaluasi implementasi pembelajaran daring pada FT Unimed ini menghasilkan
suatu pedoman dan tuntunan pembelajaran daring agar lebih optimal sesuai standar
yang dituangkan pada kurikulum. Luaran lain yaitu artikel ilmiah yang disajikan
pada seminar nasional dan Buku ber-ISBN. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
daring dilakukan melalui model yang dikembangkan Stufflebeam yaitu model CIPP
(Contex, Input, Process, dan Product). Tahapan penelitian dilakukan mulai analisis
capaian kompetensi PLP, penyusunan instrumen, penentuan sumber data (subjek
penelitian), melakukan survey online dengan sumber data, dan melakukan beberapa
kali focus group discussion (FGD). Kegiatan ini dilakukan agar pelaksanaan
pembelajaran PLP secara daring pada prodi PTB FT Unimed lebih efektif dan tepat
sasaran sesuai kompetensi yang gariskan. Hasil penelitian ini akan diseminasikan

pada kegiatan seminar nasional dan menghasilkan artikel ilmiah dan buku ber-
ISBN.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:55
Last Modified: 22 Jun 2023 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53202

Actions (login required)

View Item
View Item