METODOLOGI PENELITIAN : SEDERHANA, RINGKAS, PADAT, DAN MUDAH DIPAHAMI

Tanjung, Ahmad Albar and Ruslan, Dede (2021) METODOLOGI PENELITIAN : SEDERHANA, RINGKAS, PADAT, DAN MUDAH DIPAHAMI. Scopindo Media Pustaka, Surabaya. ISBN ISBN: 978-623-365-052-6 ( cetak); E-ISBN: 978-623-365-053-3 (PDF)

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (148MB) | Preview

Abstract

Penelitian meru akan salah satu hal penting dalam
pengembangan ilm pengetahuan serta menjadi bagian
penting dalam perke bangan peradaban manusia. Dinegara
maju, penelitian men adi fokus utama dalam menyelesaikan
setiap permasalahan, ehingga dana untuk penelitian menjadi
perhatian utama set p pimpinan Negara dan perusahaan,
sedangkan di Negara egara berkembang, perhatian terhadap
penelitian sudah mula
Penelitian atau
berarti pencarian ke
diartikan sebagai
apresiasi.
rch berasal dari bahasa inggris yang
bali pengetahuan. penelitian juga dapat
ncarian ilmiah dan sistematis untuk
opik tertentu. Padahal, penelitian adalah
seni investigasi ilmiah. Kamus Advanced Learner's Dictionary of
English (1952) meneta kan arti penelitian sebagai penyelidikan
atau penyelidikan ya g cermat khususnya melalui pencarian
fakta baru dicabang i mu apa pun. Redman dan Mory (1923)
mendefinisikan peneli ian sebagai upaya sistematis untuk mendapatkan
pengetahua ~aru. Ada sebagian ahli menganggap
penelitian sebagai ge kan, gerakan dari yang dikenal ke yang
tidak diketahui. lni enarnya adalah perjalanan penemuan.
Kita semua memiliki alu ri vital rasa ingin tahu, ketika orang
yang tidak dikenal ber adapan dengan kita, kita bertanya-tanya
dan rasa ingin tahu kita membuat kita menyelidiki dan
mencapaipemahaman penuh dan lebih lengkap dari yang tidak
diketahui. Rasa ingin ahu ini adalah ibu dari semua pengetahuan
dan metode,
peroleh pengetahuan
ng digunakan manusia untuk memntang
apa pun yang tidak diketahui,
dapat disebut sebagai nelitian.
Penelitian adalah keg atan akademik dan istilah tersebut
harus digunakan dal m pengertian teknis. Menurut Clifford
Woody penelitian terd ri dari mendefinisikan kembali masalah,
merumuskan hipotesi atau solusi yang disarankan; mengumpulkan,
mengatur, da mengevaluasi data; membuat deduksi
dan mencapai kesim
untuk menentukan
lan; dan akhirnya menguji kesimpulan
apakah mereka cocok merumuskan hipotesis. D. Slesinger dan M. Stephenson dalam Encyclopaedia
of Social Sciences (1930) mendefinisikan penelitian sebagai
"manipulasi hal-hal, konsep, atau simbol untuk tujuan generalisasi
untuk memperluas, memperbaiki atau memverifikasi
pengetahuan, apakah pengetahuan itu membantu konstruksi
teori atau dalam praktik. sebuah seni. Dengan demikian,
penelitian merupakan . kontribusi orisinal terhadap stok pengetahuan
yang ada untuk kemajuannya. lni adalah pencarian
kebenaran dengan bantuan studi, observasi, perbandingan, dan
eksperimen. Singkatnya, pencarian pengetahuan melalui
metode objektif dan sistematis untuk menemukan solusi untuk
suatu masalah adalah penelitian.
Pendekatan sistematis tentang generalisasi dan perumusan
suatu teori juga merupakan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penelitian adalah suatu metode sistematis yang
dimulai dari mengutarakan masalah, merumuskan hipotesis,
mengumpulkan fakta atau data, menganalisis fakta-fakta dan
mencapai kesimpulan tertentu baik dalam bentuk solusi
terhadap masalah yang bersangkutan atau dalam generalisasi
tertentu untuk beberapa formulasi teoritis.
llmu Pengetahuan merupakan suatu proses berpikir manusia
dalam melaksanakan berbagai penelitian, sehingga ilmu pengetahuan
dapat dihubungkan dengan proses penelitian tersebut.

Item Type: Book
Keywords: defenisi penelitian; pemilihan penelitian; jenis penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:30
Last Modified: 21 Jun 2023 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53158

Actions (login required)

View Item
View Item