Mulyana, Rachmat and Fadila, Meuthia and Harahap, Rumila (2017) LAPORAN AKHIR PENELITIAN KOMPETISI TINGKAT FAKULTAS PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI RUANG PERKULIAHAN DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS IT. Technical Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Universitas Negeri Medan.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan abad 21 akan merubah pola pendidikan khususnya proses pembelajaran
yang memanfaatkan keberadaan komputer dan internet sebagai alat bantu utama
sehingga keberadaan ruang kelas sebagai tempat face to face akan berganti menjadi
"cyber classroom" atau "ruang kelas maya". Salah satu bentuk cyber classroom yang
memerlukan perangkat sederhana dan mudah dalam mengaksesnya adalah Blog.
Penggunaan blog sebagai ruang kelas perkuliahan akan sangat membantu para
mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan dengan mengakses tidak terbatas
sehingga proses pembelajaran tidak dibatasi waktu dan tempat. Tujuan penelitian ini
untuk: (1) Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis IT berupa konten, bahan
ajar dan media pembelajaran, (2)Mengembangkan Blog sebagai ruang perkuliahan
online, dan (3) Mengetahui efektifitas penggunaan blog sebagai ruang perkuliahan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan berupa blog
sebagai ruang perkuliahan dan perangkat pembelajaran berbasis IT berupa konten,
bahan ajar dan media pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan
adalah dalam matakuliah Dasar-dasar Perancangan dan Rekayasa lingkungan. Posisi
matakuliah dalam kurikulum KKNI Prodi PTB merupakan matakuliah utama dan wajib
berbobot 2 sks. Penelitian berlokasi di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas
Teknik UNIMED beralamat Jln. Willian Iskandar Pasar V Medan yang akan
dilaksanakan pada bulan Juni – November 2017. Data penelitian akan dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa materi perkuliahan dalam
bentuk handout, panduan kuliah mini research, dan perangkat evaluasi. Media
pembelajaran berupa video pembelajaran tentang banjir dan solusinya dan powerpoint
sebanyak 8 kali pertemuan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan tersebut
dipublikasikan ke web 2.0. Hasil uji coba terhadap sasaran penggunaan blog
menunjukkan bahwa secara umum blog yang dikembangkan sudah memenuhi
kelayakan yang berdasarkan aspek konten pembelajaran, organisasi blog, desan dan
tampilan,navigasi dan pemograman, dan tautan. Hasil uji efektivitas blog sebagai ruang
perkuliahan menunjukkan bahwa Nilai-gain berdasarkan nilai rata-rata kelas yang
menggunakan blog sebagai ruang perkuliahan yang dilengkapi dengan perangkat
pembelajaran berbasis TI dari hasil pretest dan posttest lebih tinggi ( 0,73 > 0,46)
daripada Nilai-gain berdasarkan nilai rata-rata kelas kontrol dari hasil pretest dan
posttest, hal ini berarti pembelajaran mata kuliah Dasar Perancangan dan Rekayasa
Lingkungan yang menggunakan blog sebagai ruang perkuliahan memiliki efektifitas
yang tinggi.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 06:55 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53152 |