Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Menggunakan Metode Resiprokal dan Media Audio Visual Pelajar SMA Kelas XI

Bangun, Sabaruddin Yunis and Nusri, Ardi and Sihaloho, Samuel Fernando (2023) Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Menggunakan Metode Resiprokal dan Media Audio Visual Pelajar SMA Kelas XI. Jurnal Prestasi, 7 (1). pp. 9-17. ISSN 2549-9394; 2579-7093

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Menggunakan Metode Resiprokal dan Media Audio Visual Pelajar SMA Kelas XI-2023-1.pdf]
Preview
Text
Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Menggunakan Metode Resiprokal dan Media Audio Visual Pelajar SMA Kelas XI-2023-1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basket melalui metode resiprokal dan media audio visual pada pelajar SMS kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas XI-MIA5 berjumlah 32
orang, terdiri dari 14 putra dan 18 putri. Data diperoleh dari tes hasil belajar teknik dasar dribble bola
basket sebelum dan sesudah menggunakan penerapan metode resiprokal dan media audio visual. Hasil analisis data: (1) tes hasil belajar sebelum menggunkan metode resiprokal dan media audio visual (pre-tes) diperoleh 14 siswa (43,75%) mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (56,25%)
belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, maka nilai rata-rata 67,96. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode resiprokal dan media audio visual. (2) tes hasil belajar menggunakan metode resiprokal dan media audio visual di siklus I diperoleh 20 siswa (62,5%) mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (37,5%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 70,57. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakan metode resiprokal dan media audio visual pada penilaian hasil belajar siklus II, mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 28
siswa (87,50%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 76,56. Kesimpulan bahwa melalui penerapan metode resiprokal dan mengunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dribble bola basket
pelajar SMA Kelas XI.

Item Type: Article
Keywords: Dribble, Bola Basket, Resiprokal, Media
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:30
Last Modified: 22 Jun 2023 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53130

Actions (login required)

View Item
View Item