Nugrahadi, Eko Wahyu and Maipita, Indra and Ane, La and Putra, Pasca Dwi (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED. NIAGAWAN, 7 (11). pp. 8-13. ISSN ISSN :2301-7775 (print); e-ISSN: 2579-8014 (online)
Turnitin.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum yang tidak berjalan dengan baik dan tidak menghasilkan kompetensi lulusan sesuai dengan profil lulusan, maka maka diterbitkan Peraturan Pemerintah No. 08 Tahun 2012 dan UU Perguruan Tinggi No 12 Tahun 2012 tentang kurikulum S1 Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengacu pada capaian pembelajaran profil lulusan. Dengan adanya KKNI diharapkan dapat perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pasar dan dapat bersaing secara lebih luas. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok (focus group discussion), angket dan studi kepustakaan. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh gambaran sebagai berikut: (1) secara keseluruhan terdapat dosen pengampu mata kuliah yang tidak memberikan secara lengkap 6 (enam) jenis tugas (4.41%) dan tugas RI merupakan jenis tugas yang banyak jumlah tidak diberikan dosen, (2) Ditinjau dari masing-masing prodi, terlihat bahwa hanya program studi Pendidikan Ekonomi dan Manajemen yang dosennya secara lengkap telah memberikan 6 (enam) jenis tugas, (3) Secara keseluruhan dosen dalam menjelaskan cara mengerjakan tugas dikategorikan pada level dipahami mahasiswa (90,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (4) Secara keseluruhan sumber referensi yang diberikan dosen pada saat perkuliahan berlangsung dikategorikan relevan (92,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (5) Secara keseluruhan dosen menjelaskan rubrik penilaian pada saat perkuliahan berlangsung dikategorikan pada tingkat dipahami (83,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (6) Secara keseluruhan masih terdapat dosen yang belum secara jelas menetapkan waktu pengumpulan tugas, sedangkan ditinjau dari masing-masing prodi hanya dosen-dosen prodi Manajemen yang ntelah memberikan kejelasan waktu pengumpulan tugas.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | KKNI, Profil Lulusan, Perguruan Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 06:25 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53070 |